Jurus Praktis Membantu Mengingat Pelajaran.

Taraaaa… besok ujian, dannn mmemorizeaterinya hafalan…kalau ga nyicil ga bisa lah ya? Hmm.. ga juga sih ya.. kalau Anda dan anak Anda memiliki kemampuan bawah sadar yang sering di latih sih biasanya ketika ujian bisa hafal kok menuliskannya begitu mengalir dan detil. DENGAN CATATAN : Masuk di dalam kelas pas guru menjelaskan. He he he.. Atau mungkin Anda memiliki kemampuan SNAP SHOT yang cukup terlatih untuk setiap catatan atau halaman buku yang menjadi bahan hafalan.

Eh… Eh… setelah saya mendalami lebih lanjut teknik mengingat, saya menemukan bahwa, waduh sepertinya saya harus memilah mana yang harus di ingat dan mana yang harus di pahami. Kalau kita paham biasanya ingat!

Unsur penting dalam mengingat adalah : assosiasi, gambar, informasi terakhir yang di peroleh, repitisi yang berulang, unik.

Unsur penting dalam memahami + mengingat adalah : MELAKUKAN SENDIRI dan ADA KESAN EMOSI yang berkaitan ATAU bisa dengan MODELLING.

Beberapa teknik mengingat yang paling sederhana yang dapat diajarkan biasanya antara lain ;

  1. Sistem asosiasi

Menghubungkan kata satu dan kata yang lain dalam rantaian kata atau cerita.

  1. Keyword system

Menggaris bawahi dan memberi highlight pada kata kunci.

  1. Loci system

Menghubungkan kata yang di hafal dengan lokasi tertentu, bisa di tubuh, rumah, ruangan, dan sebagainya.

  1. Chunking system

Mengingat berdasar pengelompokan dua – dua atau tiga – tiga , seperti mengingat nomer telepon (081-123-4567)

  1. Akronim

Abjad pertama di buat rangkaian kalimat (dahulu saat saya di sekolah diminta menghafalkan unsure kimia guru saya membuat akronim Be Mg Ca Sr Ba Ra = Bemo Mogok Cari Ban Serep Bareng Rara—sampai sekarang saya masih ingat, padahal sudah bertahun – tahun lalu) dan Penyingkatan (SMART : Spesifik, Measurable, Realistic, Timeable).

  1. Flash Card system

Membuat kartu sendiri, di mana depan dan belakang kartu saling berkaitan, misalnya di bagian depan kartu akan berisi istilah, dan di belakang tertulis artinya.

  1. Shape Peg system

Menghubungkan suatu bentuk berdasar kemiripan dengan benda lain yang lebih familiar untuk Anda.

Beberapa hal yang disarankan untuk membantu mengingat antara lain : menyederhanakan materi dengan mind map, membuat sebuah cerita visualisasi, dan bayangkan ceritanya.

Jika Anda bertanya, berarti hal – hal diatas membutuhkan daya kreatifitas yang tinggi dong? Jawabannya kalau untuk saya : YA! Saya pribadi agak kesulitan menggunakan teknik diatas karena tidak ada waktu untuk memikirkan asosiasi, atau membuat catatan mind map yang pas, kemudian flash card.

Trus bagaimana kalau saya tidak terlalu kreatif? Tenanggg.. masih banyak cara kok he he he..

Anda bisa mencoba membantu anak Anda mengingat dengan Anda yang bercerita, memutarkan film terlebih dahulu tentang materi tersebut. Tunjukan dokumentasi entah foto atau gambar yang berkaitan dengan materinya, yang tentunya lebih menarik untuk anak Anda. Nahhh… biasanyaaa setelah itu si Anak atau Anda sendiri akan penasaran mencari detil informasi selanjutnya untuk di ingat selamanya di dalam pikiran Anda. Kalau sekedar ingat saja tidak ada artinya, tapi seru sekali jika ingat ilmunya sepanjang masa.. Apalagi Anda niatnya untuk menambah pengetahuan dan menambah PRIDE kebanggaan kecerdasan Anda, bukan untuk sekedar menghafal mengejar nilai.

Saya yakin kalau Anda membantu menjelaskan sendiri pada anak Anda dengan bersemangat dan bercerita. Seperti misal : Anak Anda mendapat tugas menghafal proses peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh termasuk jenis pembuluh dan penyakit, nahh… itu kalau si anak di jelasin sambil kita menggambar atau di peragakan, meski jelek, itu pasti lebih cepat ingat. Dan ingatnya seumur hidup.

Saya kenal beberapa LANSIA usia diatas 70 tahun yang masih ingat nama semua saudara sampai ke cucu dan tetangganya, selain itu ia juga dapat menceritakan dengan detil nama – nama tokoh bersejarah atau peristiwa bersejarah. WOOW.. padahal saya dulu susahnya setengah mati mengingat pelajaran sejarah, dan sangat tidak menarik menghafalkan tahun – tahun atau tanggal bersejarah. Bahkan sekarang saya semakin banyak menemukan banyak orang lupa tanggal lahir keluarganya sendiri. Yaa ga pa pa sih… cuman hal ini membuktikan bahwa ketika kita aware terhadap sesuatu, mungkin mereka yang sangat hafal itu hidup di jaman itu dan penasaran mengapa suatu hal bisa terjadi, sehingga mereka bisa ingat.

Atau kalau sangat mepet Anda harus menghafalkan nomor telepon atau nama jalan dan sebagainya, hmmm.. saya sarankan memakai teknik – teknik yang diatas seperti kategorisasi, tau jika Anda auditori Anda bisa mengatakannya berulang – ulang supaya ingat, atau Anda bisa melakukan SNAP SHOT pada tampilan nomer tersebut.

Oh ya, berkaitan dengan mengingat

Beberapa orang lupa menaruh barang di mana. Atau lihat wajah orang tahu tapi lupa namanya. Nahhhh… kok bisa?? He he he coba perhatikan, pada saat itu mungkin Anda sedang HANG dan meletakan KESADARAN Anda pada hal lain, tegang, terburu – buru. He he he kadang diri kita suka capek di tekan, ga suka di buru – buru. Makanya ketika dalam kondisi ini kita berusaha mengingat dengan menarik nafas, dan mengatakan, “Tunggu sebentar, tak ingat – ingat!” (dan setelah itu Anda mulai flashback mundur ke belakang kegiatan apa saja yang Anda lakukan” he he he dan biasanya dapet kan ya kalau Anda tenang..

Nah sama lah ya ketika ujian, kalau kita gopoh, mau mengeluarkan apa yang diingat juga susah. Di sinilah pentingnya belajar untuk self hypnosis, tenang, dan menggunakan teknik anchor di NLP untuk mencapai peak performance diri kita yang begitu tenang dan cerdas luar biasa.

Nah, sekarang coba praktek Anda tentukan apa yang ingin Anda ingat untuk pembelajaran di dalam diri Anda, mungkin tanpa Anda sadari Anda akan mengingat materi yang saya tuliskan di sini untuk Anda praktekan dalam kehidupan Anda atau Anda bagikan untuk orang lain. Ingat! Paling mudah, timbulkan rasa penasaran terhadap hal yang Anda ingin hafalkan, lalu biasanya dengan menceritakannya pada orang lain apa yang barusan Anda ingat, maka Anda akan lebih mengingatnya. Kalau Anda mencatat Anda juga ingat apa yang Anda tuliskan, kalau Anda mendengarkan, Anda dapat memutar ulang audio yang pernah Anda dengar.

Selamat belajar yang banyakkk….dengan mengingat dan memahaminya seumur hidup Anda. J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s